Friday 5 July 2013

Gaya Hidup Penyebab Inflamsi Tubuh : Obesitas, Diabetes, Hipertensi, Hiperkholesterol dan Penaykit Kardiovaskuler

Gaya Hidup Penyebab Inflamsi Tubuh : Obesitas, Diabetes, Hipertensi, Hiperkholesterol dan Penaykit Kardiovaskuler 

Reaksi Raadang (Inflamasi) sebagai Jalur Utama menuju Penyakit Khronis   
Pada tahun 2012, saya sedang berada dijalan di kota Johor Bahru, Malaysia ketika saya menemukan buku buku yang sedang dijual dikuil Hindu (bukan hanya buku agama saja).  Saya menemukan buku bagus karya Mr. Mohammed Idris dan Consumer Association of Penang. Saya mulai membaca buku buku kecil yang berisi kebijaksanaan yang oleh orang barat diperlukan waktu bertahun tahun lamanya untuk bisa menemukannya dan mengertinya.   
  
Malaysia juga seperti negara barat mengalami banyak sekali penyakit bukan infeksi khronik, dan saya mulai merasakan bahwa ini semua adalah akibat INFLAMSI (reaksi radang) yang di-alami oleh tubuh dan akhirnya berakibat seperti berikut ini :  
Obesitas
Diabetes
Hipertensi
Hiperkholesterolemia
Penyakit Kardiovascular
Maka mungkin saja bahwa baik obesitas juga diabetes semua ini disebabkan oleh mekanisme yang sama, bukan hanya obesitas saja yang akan menyebabkan seseorang menjadi penderita penyakit diabetes.   

30 persen dari populasi Amerika adalah OBESITAS tetapi tidak semuanya menderita diabetes 

Sewaktu saya bepergian, saya kagum dengan ukuran tubuh orang orang Tonga, Fiji dan Samoa…besar besar seperti raksasa ! Tidak ditemukan kasus Diabetes, justru pada orang Indofiji yang ukuran tubuhnya lebih kecil daripada tetangganya orang Fiji ini yang mempunyai kecenderungan menderita diabetes.

''Wah Anda bertambah berat badannya !'' adalah pujian seharian yang sangat umum di Fiji
Orang asli Fiji adalah dua kali lebih sering kelebihan berat badan atau overweight atau obesitas jika dibandingkan dengan tetangganya orang Indo-Fiji, tetapi hanya  setengahnya saja dari mereka yang menderita diabetes 
Satu hal yang pasti, adalah saat raksasa yang baik hati ini migrasi ke Aotearoa, maka terjadilah angka penderita diabetes diantara mereka yang tidak proporsionil lagi.
Pengaruh Inflamasi dan Imigrasi
Saya pernah tinggal di  
Australia;
Sweden, Prancis, Belgia, Inggris di Eropa;
Empat kota yang berbeda di USA;
Dua negara di Caribea, tetapi tidak migrasi kesalah satu tempat tersebut.
Dengan suasana lokal saat ini yang anti orang imigran, terdapat perasaan   Xenophobia (rasa tidak suka terhadap orang asing) yang tersembunyi antara orang imigran dan orang asing, pengunjung ataupun penduduk yang bersifat sementara.
Ayah saya, Olav ha shalom, pernah mengingatkan saya tentang ungkapan dari seorang politikus China terkenal favoritnya, yaitu Zhou En Lai: Jika kita harus maju maka semua kita harus maju bersama. Hanya ketika kita sudah maju maka orang barat baru akan menghargai kita. Dari hanya menjadi KULI, sekarang mereka menjadi pembeli terbesar dari merek Louis Vuitton dan Parfum Prancis !  
 

Harapan saya adalah, dengan datangnya orang China seperti air banjir yang tidak mungkin dibendung, maka orang Eropa akan belajar sekali lagi menghargai orang Asia, dan tidak lagi memandang mereka hanya sebagai imigran. 
Apa  kaitannya diskusi tentang turis China dengan masalah introduksi reaksi inflamsi  dan imigrasi ?
Orang orang ini, yang hanya turis dan belum pernah tinggal dinegara lain atau belum pernah menjadi imigran dinegara lain, tidak mungkin mengerti rasa was was dan rasa cemas yang terus menerus dirasakan sebagai seorang imigran dinegara orang.
Ini menerangkan sebagian sebab meningkatnya Obesitas (orang Cuba yang migrasi ke Miami, bertambah beratnya sebanyak 2 lbs. pada bulan pertama disana, seorang migran dari Guatemala ke USA bertambah berat sebanyak 25 lbs. pada tahun pertama)

Fakta lain :
 
Diabetes (Orang India tinggal di Punjab atau Bengalis lebih sedikit yang menderita Diabetes daripada orang Punjab dan Bengalis yang tinggal di Inggris; Orang Khmer di Australia, orang Vietnam di USA semuanya mempunyai angka penderita diabetes yang lebih tinggi  daripada bangsa mereka yang ada dinegara mereka masing masing)

SAD (Sagittal Abdominal Diameter) sebagai petanda insulin resistance, reaksi radang yang subklinis atau peningkatan lemak serum di populasi Swedia  dengan proporsi besar wanita imigran dari Timur Tengah. Jika hasil ini bisa dibuktikan pada populasi yang besar, SAD parameter akan berguna secaraa klinik dibandingkan dengan ukuran anthropometrik lain untuk mengukur penyakit kardiovaskular pada wanita ber-resiko tinggi menderita penyakit ini. 

Sagittal abdominal diameter sebagai petanda reaksi radang dan insuline resistance diantara wanita imigran dari Timur Tengah dan wanita pribumi di Swedia : sebuah penelitian ilmiah cross-sectional
Helena PeterssonAchraf Daryani and Ulf Risérus*
What causes inflammation in the body of the Individual?
Chronic inflammation role in the obesity-diabetes association: a case-cohort
study
Diabetology & Metabolic Syndrome 2013, 5:31 doi:10.1186/1758-5996-5-31
Kita bisa simpulkan lebih sederhana hasil penelitian ini sebagai berikut : bahwa karena reaksi inflamsi atau radang, maka akan terjadi kerusakan sel dan organ, termasuk sensitifitas sel terhadap hormon insuline, dan pengaruh buruk terhadap proses metabolisme makanan dan pengelolahan energi dan lemak tubuh. Akibatnya terjadi keadaan obesitas, penyakit diabetes dan penyakit jantung dan pembuluh darahnya.  

Hampir semua orang Indian Amerika yang tinggal didaerah penampungan (area reservasi) mempunya HDL yang rendah dan trigliserida yang tinggi. Hampir semua obat yang dipakai untuk meningkatkan kadar HDL telah gagal pada mereka (Kita tidak bisa meng-koreksi suatu kesalahan dengan kesalahan yang lain, seperti yang dikatakan oleh seorang filsuf dari Timur) 
Saya memperhatikan diantara orang Indian Amerika, dimana keadaan sensitivitas insuline telah berubah menjadi resistensi insuline, yang terjadi bila terlalu banyak reaksi radang yang melanda tubuh kita, seperti hal : 

Terjadi perubahan pola cara hidup sejak tahun 1862.

Makanan Olahan. Termasuk minyak goreng murahan dengan Omega6 tinggi

Stress karena penekanan/de Culturalized/dipaksa untuk berasimilasi kedalam budaya mayoritas.
Saya telah memperhatikan kaum imigran, apakah mereka yang ada di Prancis atau di Inggris, Amerika atau Australia, terdapat rasa segan untuk mengakui asal usul budayanya (seolah olah budayanya mempunyai  derajat yang lebih rendah atau tak bernilai), tetapi ini justru menyebabkan terjadinya rasa cemas sedang yang menahun pada mereka. Seharusnya, seperti kata Indian Amerika, terimalah diri kita sebagaimana adanya (Indian atau bukan Indian), sehingga tidak menyebabkan terjadinya kecemasan.    

Pada akhirnya, nasehat untuk hidup sehat yang baik adalah sama
Apakah Anda seorang barat, 
Atau seorang Asia.    
Seorang Buddhist atau seorang Hindu atau seorang Kristen

Dalam kata orang Indian Amerika adalah,
Mencoba memberikan lebih banyak keseimbangan dalam kehidupan kita kepada
PEKERJAAN
KELUARGA
TANGGUNG JAWAB SOSIAL 
KEJIWAAN


Menurut saya, Ini adalah nasehat GAYA HIDUP NON INFLAMASI 
Setelah melihat begitu banyak pria dan wanita muda, yang dibebani dengan kultur perusahaan yang ada dan menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk kegiatan yang berhubungan dengan pekerjaan, maka saya inngin memberi nasehat bahwa Kerja itu ada Tempatnya, buatlah itu menjadi menyenangkan, lakukan itu sebaik yang bisa kita lakukan, tetapi jangan membawa pekerjaan pulang kerumah.  
Arti Keluarga bagi orang Indian, adalah termasuk Kelompok, Suku, Bumi, Pepohonan dan Binatang dan Burung Burung.  
Banyak penelitian yang membuktikan bahwa orang yang berusia panjang mempunyai dukungan keluarga yang baik, semakin berbahagia seseorang, maka semakin panjang usianya, biasanya mereka ini ada dan hidup bersama keluarganya.
Kejiwaan adalah hubungan antara kita dengan alam, yang kelihatan maupun yang tak kelihatan, alam disekitar kita. Alam yang dibentuk oleh budaya, tetapi alam Kejiwaan adalah satu dan sama untuk semua orang.
Untuk orang Indian Amerika, arti kejiwaan mereka adalah peranan mereka dalam dunia mereka dimana saudara mereka yang bersayap, yang berkaki satu dan yang berkaki empat berbagi bersama bumi ini dan udara ini bersama mereka.  

Terlepas dari bahwa Agama dan Kejiwaan adalah bukan hal yang sama, maka bagi setiap orang harus berusaha menemuka cara bagaimana memasuki alam kejiwaan diri mereka masing masing.  
Kejiwaan juga terlepas dari Ritual atau Kebiasaan, seperti Yoga, itu adalah bersifat filosofi daripada tindakan berulang dari tubuh kita, meskipun dikatakan dalam cara yang sama berkaitan dengan Tanggung Jawab Sosial.    

Tanggung Jawab Sosial, apakah itu ? 
Bagi saya itu adalah satu jalur untuk menuju ke kebahagiaan dan kepuasan batin dalam hidup kita, yang juga akan menyebabkan berkurangnya reaksi radang inflamsi dalam tubuh kita 
Berbagi dengan orang lain apa yang kita miliki, berada disana pada saat mereka bersedih, berbahagia bersama mereka dan lakukan apa yang kita bisa untuk orang lain. Saya menyadari semua teman baik saya yang tersebar dimanapun mereka berada, mempunyai pengertian yang sama tentang konsep : tanggung jawab sosial 

Ini yang selalu menarik perhatian saya, tetapi ada satu hal yang menonjol yaitu seperti berikut ini.
Ketika orang Ethiopia keturuan Yahudi dievakuasi ke Israel dengan pesawat sewaktu terjadi konflik antara Sudan dan Etiopia, mereka diangkut secara rahasia dengan pesawat besar yang terbang ke Israel. Banyak diantaranya yang belum pernah terbang dengan pesawat, bahkan belum pernah keluar dari negeri tempat tinggalnya ini. Mereka telah ditunggu oleh sebuah organisasi besar sukarelawan. Seorang tentara Israel yang menggendong wanita yang tidak bisa berjalan.  Ada yang bertanya kepadanya apakah wanita ini tidak terlalu berat untuk digendong? Jawab serdadu Israel itu : Tidak, ia tidak berat karena ia adalah saudara saya   



Anda bisa mengubah diet Penyebab Radang (INFLAMASI) saat ini yang menjadi diet anti Inflamasi. Banyak jenis yang tersedia, disini saya perlihatkan yang dianjurkan oleh Dr Andrew Weil.
Untuk teman saya yang berada di Malaysia dan Indonesia, saya menganjurkan Anda mendapatkan kopi buku kecil yang diterbitkan oleh Consumer Association of Penang, karena mereka membahas banyak jenis makanan yang terdapat di semenanjung ini.  

CAP, 10 Jalan Masjid Negeri, 11600 Pulau Penang
04-8299511
http://consumer.org.my/

 http://sehatcaraalamiah.blogspot.com

No comments:

Post a Comment