Thursday 21 March 2013

Bagaimana Mencegah Penyakit Jantung, Diabetes dan Kanker Pada Orang Indonesia atau Orang Indian Amerika

 

Sementara orang kebanyakan dari Emirate atau Pakistan sangat terbatas pengetahuannya mengenai kesehatan dan bagaimana caranya menghindari penyakit, sebaliknya orang Amerika sudah dibanjiri begitu banyaknya informasi tentang kesehatan dan mereka rasanya sangat menyadari apa yang disebut "gaya hidup" yang baik.  

Tetapi mereka tetap menghadapi masalah kesehatan yang sama dengan penduduk dibagian dunia yang lain. Kita mengetahui apa apa yang harus kita lakukan tetapi BAGAIMANA CARANYA ? 
Perhimpunan Kesehatan Jantung Amerika atau The American Heart Association telah menetapkan Metrik Kesehatan, semuanya ada tujuh, dan membuktikan bila saja Anda mengikuti semuanya atau hanya sebagian besar dari metrik kesehatan itu, maka kemungkinan Anda menjadi sakit: Diabetes, Penyakit Jantung dan termasuk KANKER akan sangat berkurang. 
Sayangnya, hanya 1 dari 50 orang Amerika yang mematuhi 6 atau 7 dari metrik kesehatan ini. Tidak ada obat apapun (sebagai contoh: beberapa jenis obat baru untuk pengobatan Diabetes yang mengklaim juga untuk perlindungan jantung, sementara hanya dengan beraktivitas 30 menit tiga kali seminggu saja akan mempunyai efek yang sama !) atau Multivitamin (dapatkan vitamanin asam folat Anda dari makanan bukan dari toko penjual suplemen kesehatan! Faktanya multivitamin dan pil jenis ini akan merugikan Anda, sama halnya dengan suplemen Calcium. Dapatkan vitamin D Anda dari sinar matahari bukan dari tablet!) 

 

Sehingga nasehat saya untuk penduduk kota Bogor, Indonesia dimana kami bertiga: Pak J, seorang pengamat kesehatan yang sangat antusias, Dr. L seorang dokter pensiunan dan saya seorang dokter dan anthropologist, sedang merencanakan sebuah Program Pencegahan, dengan itu maka kami bisa melindungi penduduk Indonesia dari penyakit Diabetes, Hipertensi, Hiperkholesterolemia dan juga Kanker dan secara ekonomi perlindungan dari rayuan perusahaan obat-obatan.   



  • Usahakan tidak merokok, bila Anda perokok, usahakan menghentikan kebiasaan buruk ini.
  • Beraktivitas, apakah hanya dengan berjalan santai saja sekeliling danau, atau bersepeda atau bahkan hanya berolahraga selama 4 menit saja yang caranya pak J akan mengajarkannya kepada Anda. 
  • Usahakan BMI Anda dibawah 23 dan lebih baik bila hanya 22 kg/m2. 
  • Jangn bersantap makanan dari salah satu fast food restorant dari Eropa/Amerika, sebaliknya nikmati makanan Sunda /Jawa yang menarik dan bergizi, terutama yang dimasak dan disiapkan dirumah. 
Kita akan mengukur beberapa parameter kesehatan para peserta, seperti misalnya: 

  • Kadar Gula Darah
  • Tekanan Darah
  • Denyut Nadi
  • Kadar Kholesterol 
para peserta dan akan memberi nasehat kepada mereka bagaimana caranya mengendalikan semua parameter kesehatan ini secara ALAMIAH,bukan dengan obat herbal, tetapi dengan perubahan gaya hidup yang akan menurunkan semua angka faktor diatas pada saat pengukuran yang berikutnya.

Saya selalu yakin bahwa Pencegahan Penyakit ini berada dalam satu paket: dengan gaya hidup yang sehat Anda bisa mencegah dan terhindar dari Penyakit Jantung, Diabetes juga Penyakit Kanker...  




Saya sangat senang bisa membaca artikel ini yang dipublikasikan di    Circulation:Journal of the American Heart Association, sebuah jurnal kedokteran bergengsi, dengan mengikuti semua metrik kesehatan yang disebutkan dalam artikel ini, maka akan mengurangi kemungkinan Anda menjadi seorang penderita penyakit :
  • Diabetes
  • Hipertensi dengan kadar kholesterol yang tinggi 
  • Dan bonus untuk Anda, yaitu juga bisa menghindari penyakit Kanker !
 
Sungguh sebuah hadiah yang sangat berarti untuk semua teman kita, saudara dan penduduk Bogor !

 

No comments:

Post a Comment