Sunday 24 February 2013

Cara Tetap Sehat dan Makan Enak

 

Cara Tetap Sehat dan Makan Enak

Banyak teman yang menganggap aneh dengan peranan saya sebagai pelatih Gaya Hidup ( berprofesi sebagai endokrinologist dan anthropologi medis) dan pola makanan yang berlimpah yang sangat saya sukai...dan saya berhasil mempertahankan BMI saya dibawah 22 kg/M2 seperti yang dianjurkan untuk orang Asia ....

Apakah Anda ingin Berumur Panjang ? 
Seperti yang diceritakan oleh guru saya yang berbangsa Yahudi, bahwa kita tidak perlu meninggal karena penyakit jantung, jika kita bijaksana memilih orang tua kita. 

Masalah memilih orang tua itu diluar pertimbangan kita, karena dari penelitian terakhir para peserta olahraga Olimpik menemukan fakta bahwa olahraga bisa memperpanjang masa hidup Anda. Tidak perlu olahraga yang ekstrim seperti mengangkat beban, tetapi cukup dengan berjalan saja, atau jogging. Efek terbaik adalah diperoleh dari bersepeda dan berdayung, karena pada kedua jenis olehraga ini akan menggunakan dan melatih seluruh otot tubuh kita.   


(WW yang bersepeda sejauh 30 km sehari dan PJ, tidak masalah apakah hujan atau hari terik, disekitar Bogor,Indonesia) dan jangan lupa akan aspek sosialisasi dari ber-olehraga, sehingga tidak heran klub senam dan kegiatan olahraga yang menyendiri akan gagal pada akhirnya. 
Kelompok The Sentul Healthy Happy Living Group dari PJ, mereka bertemu setiap hari, lalu berlari dan ber-jogging mengelilingi danau Sentul sekitar 1 jam setiap hari dan setelah itu ada aktifitas bersosialisasi, dengan bercerita, diskusi dan yang berakhir dengan makan pagi yang sehat. Sejak saya mengenal kelompok ini, 7 orang dai anggotanya, termasuk WW difoto atas, telah mengurangi berat badan mereka secara kolektif lebih dari 90 kg !

Mungkin ini bisa juga untuk menerangkan mengapa olahraga dengan aktifitas rendah seperti bermain golf juga bisa bermanfaat, ini tidak lain adalah karena kebiasaan yang terkait dengan permainan golf itu sendiri, termasuk persahabatan dan kebersamaan dengan teman selama permainan berlangsung. 

Seperti yang ada didalam filosofi Yoga kuno, apapun yang anda lakukan, maka lakukanlah dengan tekun. 

Pada kunjungan saya terakhir di Bogor, saya dijemput dari hotel tepat jam 6 pagi setiap hari dan kami mulai dengan berlari dan jogging memutari danau Sentul sesuai dengan jadwal  jam yang telah waktu satu jam yang telah ditentukan sebelumnya  yang berakhir dengan tertawa dan mengobrol bersama ...
 
Dengan senang saya akan menceritakan bahwa pada hari terakhir saya tinggal di Bogor, saya berhasil menyelesaikan jogging saya 10 kali mengelilingi danau Sentul, yang berjarak total 6 km. Kalau mengingat saya baru mulai berjalan secara teratur sejak bulan Agustus 2012, maka saya merasa ini adalah suatu prestasi dan saya merasa bangga dan merasa puas, apalagi ditambah dengan sorak sorai gembira teman-teman Indonesia  saya yang menyambut saya pada akhir putaran dan memberi selamat kepada saya, seolah-olah saya baru saja menyelesaikan perlombaan lari marathon... hal ini mungkin masih bisa saya lakukan, karena saya memang merencanakan untuk mengikuti Bali Triathlon pada bulan Juni 2013 !

Yang saya perhatikan dari teman-teman saya di Bogor adalah efek metabolisme antara makan dan berolahraga adalah sama sekali berbeda drai umumnya,  karena mereka tidak berlari atau jogging untuk menurunkan berat badannya tetapi acara bersantap adalah sangat menyenangkan yang harus kita nikmati (yang disadari di Yoga) setiap kali tetapi harus yakin bahwa kita bersantap dengan benar, menyantap sungguh makanan bukan zat kimia... memang makan dengan baik adalah lebih mudah di Indonesia atau Malaysia daripada di Amerika, kecualii di Miami karena saya mempunyai teman bersantap yang menyenangkan...

 



 

No comments:

Post a Comment